Loading...

Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya

 On Sunday, February 23, 2014  

Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya - Pada perjumpaan kita hari ini saya telah memposting sebuah artikel tutorial kesehatan yang mungkin sangat berguna bagi ibu/wanita yang sedang hamil, karena penyakit ini biasa dialami oleh wanita yang dalam keadaan hamil. Berikut ini adalah ulasan langkah-langkah Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya :



Kram Betis / Naik betis adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras.  Daerah yang paling sering mengalami kram adalah otot betis di bawah & di belakang lutut.
Faktor Penyebab Kram pada betis :
Otot yang kelelahan
Penggunaan otot kaki yang berlebihan
Kurangnya cairan elektrolit tubuh yang keluar melalui keringat
Penumpukan asam laktat ( hasil metabolisme di otot )
Terganggunya oksigenasi jaringan otot
Terganggunya sirkulasi darah ke jaringan otot
Karena jarang berolahraga dan betis jadi kaku

Pada beberapa kasus, kram terjadi karena masalah atau kondisi lainnya, misalnya:

Beberapa jenis obat dapat memberikan efek samping berupa kram. Golongan obat ini antara lain: diuretik, nifedipine, cimetidine, salbutamol, statins, terbutaline, lithium, clofibrate, penicillamine, phenothiazines, dan nicotinic acid.
Dehidrasi
Ketidakseimbangan zat garam dalam darah (misalnya, kadar kalsium atau potasium terlalu rendah)
Kehamilan, terutama pada trimester akhir
Kelenjar tiroid yang kurang aktif
Penyempitan arteri kaki yang menghambat sirkulasi
Gangguan saraf
Sirosis hati
Pada kondisi di atas, kram hanyalah satu dari beberapa gejala lainnya. Bila tidak ada gejala lain, kemungkinan besar kram bersifat idiopatik dan bukan karena kondisi di atas. Hal -hal yang menyebabkan kram yang lainnya adalah:


Otot yang kelelahan
Penggunaan otot yang berlebihan
Kurangnya elektrolit tubuh (Ca dan K) karena keluar melalui keringat
Penumpukan asam laktat ( hasil metabolisme di otot)
Terganggunya oksigenisasi jaringan otot
Terganggunya sirkulasi darah ke jaringan otot

Serangan kram akan menyebabkan kontraksi yang membuat otot memendek, terapi ke arah berlawanan dengan serangan kram akan membantu membuat otot kembali memanjang, namun harus dilakukan dengan perlahan karena gerakan secara paksa / tiba-tiba dapat berisiko merobek serabut otot itu.
Apa yg sebaiknya dilakukan bila kram betis :
Cari tempat duduk / tempat bersandar
Lepaskan alas kaki / sepatu
Angkat telapak kaki yg sakit ke atas pangkuan
Jangan membungkuk, karena posisi membungkuk bisa menekan daerah perut
Perhatikan arah tekanan otot ketika terjadi serangan kram : bila kram menyebabkan jemari kaki dalam keadaan menguncup, gunakan tangan anda untuk secara perlahan menekan jemari kaki kearah atas hingga membuka kembali.
Bila kram telah reda, pijat telapak kaki agar aliran darah kembali lancar
Secara perlahan, luruskan kembali lutut dengan bantuan tangan
Jika lutut telah kembali lurus, pijat betis untuk melancarkan peredaran darah
Lakukan peregangan kaki termasuk telapak kaki
Meski kram sudah mereda, istirahat dulu beberapa menit sebelum kembali beraktifitas

Cara pencegahan kram :
Menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan cara banyak minum.  Minum setidaknya 6-8 gelas sehari, termasuk 1 gelas sebelum tidur.  Juga perbanyak minum sebelum, selama dan sesudah olah raga.
Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium.  Oya, 1-2 pisang sehari dapat mencukupi kebutuhan potasium kita.
Bila sering mengalami kram betis saat tidur, maka perlu melakukan pelemasan otot betis sebelum tidur, tidur dengan posisi yang mencegah otot betis tertekan, usahakan agar jari-jari & telapak kaki tidak menghadap ke bawah saat tidur
Hindari menggunakan alas kaki dengan hak tinggi, jika terpaksa menggunakan hak tinggi dalam waktu lama, sesekali lepaskan agar jari kaki mempunyai kesempatan untuk beristirahat
Pilih sepatu yang tak terlalu ketat di bagian ujungnya, agar jari-jari kaki tidak terlalu tertekan saat melangkah & mengakibatkan kurang lancarnya peredaran darah
Lakukan olah raga jari kaki yaitu dengan menggerak-gerakkan jari kaki sambil berdiri /  duduk santai
Sering merendam kaki / jari-jari kaki di air hangat dan memijatnya agar aliran darah lancar.

Sekian perjumpaan kita dipagi ini, semoga dengan artikel tutorial kesehatan Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya dapat bermanfaat dan berguna bagi anda, Terima Kasih atas kunjungannya
Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya 4.5 5 Unknown Sunday, February 23, 2014 Cara mengatasi naik betis pada ibu Wanita hamil Secara Alami Sehat beserta penjelasan penyebabnya - Pada perjumpaan kita hari ini saya telah...


1 comment: